Friday, February 12, 2010

Windows 7, Akhirnya

Setelah tertunda sekian lama, akhirnya saya menggunakan Windows 7 juga. Sejak rilis final windows 7, saya sudah merencanakan untuk menginstal OS ini untuk menggantikan XP yang sudah saya pakai bertahun-tahun. Sampai-sampai beli DVD installernya segala, harganya 15000 dan patungan dengan teman saya. Meskipun sudah ada instaler, Windows 7 tidak langsung saya instal karena ada beberapa keraguan. Diantaranya masalah hardware, terutama kapasitas RAM yang hanya 1 GB, dan itupun sudah di share dengan Video Card onboard sebanyak 128 MB. Meskipun mungkin untuk windows 7, RAM sejumlah itu sudah cukup, namun tetap ada keraguan.


Itu karena kebiasaan saya yang sering membuka program dalam jumlah banyak, dalam beberapa kasus Multitasking yang saya lakukan terlalu ekstrim. RAM 1 GB kadang-kadang kurang, itupun sewaktu saya menggunakan XP, apalagi kalau Seven.
Beberapa waktu yang lalu, saya menambah RAM 1 GB lagi. Sehingga sekarang kapasitasnya menjadi 2 GB. Nah itulah awal mula saya mulai memikirkan kembali untuk menggunakan Seven. Berbekal DVD instaler milik seorang teman (saya tidak menggunakan DVD yang saya beli dulu, karena tidak ada serial numbernya), saya pun menginstal Seven di partisi yang berbeda dengan XP. Di buat dual boot, supaya saya tetap bisa menggunakan XP.
Desktop Windows 7

Instalasi berjalan lancar dan tidak makan waktu lama, sekitar 30 menitan. Semua lancar kecual Drivernya, driver bawaan Motherboard hanya sebagian saja yang mendukung Seven. Memang sih, semuanya mendukung Vista, tapi beberapa tidak mendukung Seven. Driver VGA dan Sound Card yang tidak kompatibel dengan Seven. Meski sekarang sudah bisa diatasi, tapi Seven masih menyisakan masalah, terutama pada suara(meski masih bisa bunyi) dan sulitnya koneksi internet. Kadang koneksinya harus di restart berkali-kali untuk bisa terhubung ke internet. Semua itu tidak terjadi pada XP.
Terlepas dari semua masalah itu, ternyata Seven banyak memberikan fitur-fitur yang sangat memudahkan, tidak hanya tampilannya saja yang jauh lebih baik dari XP dan Vista, tapi fitur-fitur seperi Aero Peek, Jump list, Aero Snap, dan lainnya membuat pekerjaan di komputer menjadi lebih efisien.
Yang paling saya rasakan kemudahannya adalah fitur pencariannya, baik di windows Explorer maupun di Start Menu, Jauh lebih baik dari XP. Bila di XP mencari program atau Files, kadang harus dilakukan secara manual dan makan waktu, di Seven, tinggal ketik dan klik. Oh, Cepat sekali. Memang fitur ini sebenarnya sudah ada di Vista, namun sebagai manusia yang sama sekali tidak pernah menginstal Vista ini, fitur tersebut membuat kemajuan yang luar biasa dalam berkomputer. Agak berlebihan? Biarlah....
System Properties

Beratkah Seven?
Oke, memang seven terasa lebih berat dari XP. Tapi, memang sebanding dengan banyaknya fitur yang baru. Selama kita tidak terganggu, tidak masalah bukan. Apalagi, XP saat ini sudah berumur hampir 10 tahun, dalam sejarah Windows, XP adalah OS dengan umur tertua yang masih banyak di gunakan. Sekarang dia sudah Uzur, sudah saatnya di ganti, Bukan begitu?
Masalah kompabilitas memang menjadi alasan mengapa orang enggan beralih (selain kendala hardware dan biaya tentunya), tapi pelan-pelan, pasti makin banyak aplikasi yang kompatibel, hanya masalah waktu saja. Lihat saja Vista, sekarang ini sudah banyak aplikasi, driver-driver yang mendukung Vista, walaupun saat awal-awal peluncurannya, Vista banyak tidak kompatibel dengan aplikasi kebanyakan.
Microsoft hingga saat ini memang masih menyertakan dukungannya terhadap XP, tapi sampai kapan? Saat ini sambutan terhadap Windows 7 tidak se negatif seperti saat windows Vista dulu, justru banyak yang menyambut positif. Lalu apakah ini akan menjadi surat kematian bagi XP? Kita tunggu saja sikap pengguna secara Global, XP akan tetap hidup selama masih banyak yang menggunakannya.
Secara pribadi, saya lebih suka menggunakan Seven daripada XP, Memang sempat timbul masalah, namun bukankan setiap komputer juga punya masalah kan, apapun OSnya. Bukankah selama menggunakan XP, kita sering mengalami masalah Blue Screen, Virus, hilangnya data, crash dan masalah umum yang lain. Masalah di Seven memang ada, tapi akan lebih baik jika kita berusaha mengatasinya, bukan malah menghindarinya bukan?
Oya, sedikit Intermezo saja. Salah satu motivasi saya menggunakan seven adalah untuk mengetahui skor Windows Experience Index. Skor WEI komputer saya 3.0, rendah? Memang. Yang membuat nilainya rendah begini adalah Video Card On Board saya yang menggunakan VIA Chrome9. Untuk Skor prosesor, Ram, dan harddisk, cukup tinggi sebenarnya. Meski VIA Chrome9 ini menyebabkan Bottle Neck, tapi tidak masalah. Saya masih belum memikirkan untuk upgrade ke VGA Card add on.
Detail WEI, Bottle Neck di Graphic Performance

Rendahnya kinerja VIA Chrome9 ini memang terasa sekali di Aero Windows 7. Masih bisa berjalan lancar sih, hanya saja kadang terjadi Lag di Windows Flip, apalagi apabila jendela yang di tampilkan banyak.
Akhir kata, apabila hardware anda sudah memenuhi persyaratan minimun untuk Windows 7. Segeralah ganti ke Windows 7 yang jelas lebih baik daripada Windows Versi sebelumnya.


Persyaratan Minimum Windows 7
  • 1GHz processor (32- or 64-bit)
  • 1GB of main memory
  • 16GB of available disk space
  • Support for DX9 graphics with 128MB of memory (for the Aero interface)
  • A DVD-R/W drive

(AHP 13 Februari 2010 08:21);

No comments:

Post a Comment