Friday, February 12, 2010

Opera 10.50 Beta, Browser tercepat di muka bumi

Browser tercepat di muka bumi, itu adalah klaim dari Opera yang ada di website Opera Next. Memang baru-baru ini, Opera meluncurkan Opera 10.50 beta, pengembangan terbaru dari Browser Opera. Opera 10.50 memiliki banyak fitur-fitur baru dan perubahan di banding sebelumnya, mulai dari tampilan, perbaikan kompabilitas, hingga kinerja. Jika meliha t browser saingan lainnya  Apa benar Klaim opera ini? Mari kita buktikan....

Tampilan Baru
User Interface Baru

Opera kini menjadi lebih minimalis, mengikuti tren aplikasi windows saat ini, yang mana Toolbar, dan menu bar sudah mulai di tinggalkan. Di Opera, tidak terlihat lagi menu bar, seperti file, history, download dan lainnya. Sebagai gantinya, ada tombol merah dengan logo opera yang ada di pojok kiri atas. Disitu, fitur-fitur Opera yang tadinya terdapat di menu bar diakses. Dengan begini Tampilan Opera menjadi lebih simpel, dan enak di pandang
Artinya saat ini, browser terkenal yang masih mengadopsi tema klasik, hanyalah Firefox. Di Firefox masih terdapat menubar dan toolbar. Dimulai dari Google Chrome, Safari, IE dan kini Opera, sudah mengaplikasikan tampilan yang simple itu, yang membuat jendela halaman web menjadi lebih lapang. Untuk Firefox, kabarnya versi 4 nya akan meninggalkan tampilan klasik juga, meski rilis stabil firefox terakhir masih menggunakan tampilan klasik.
Selain tampilan Opera, Opera juga menyertakan dukungan terhadap fitur aero peek di windows 7. Apabila Opera membuka lebih dari satu tab, maka tiap tabnya akan ditampiilkan di thumbnail yang berbeda seperti ini: Fitur ini tidak ada di browser lain, kecuali tabnya berada di jendela yang berbeda.

Tiap tab ditampilkan dalam thumbnail yang berbeda


Perbaikan Kinerja
Nah, mari kita uji apakah klaim Opera bahwa Opera 10.50 beta adalah yang tercepat itu benar. Dari informasi yang saya dapat, kinerja Opera ini jauh meningkat dibanding Opera sebelumnya. Peningkatan kerja itu berkat adanya mesin Javascript terbaru Opera, Carakan, engine rendering Presto 2.5 terbaru yang kini mendukung CSS3 transition dan Transform dan penambahan dukungan terhadap HTML5. Selain itu, di Opera 10.50 juga terdapat Vega. Vega merupakan Vector Graphic Library baru milik Opera. Fungsinya sepertinya untuk merender tampilan vektor, jelasnya saya kurang tahu.
Oke, dengan fitur terbaru itu apakah klaim Opera itu benar?
Untuk mengujinya, saya menggunakan Peacekeeper, sebuah benchmark browser buatan futuremark. Selain Opera 10.50, browser lain yang saya uji sebagai perbandingan adalah Google Chrome 4, Opera 10.10 dan IE8(Yang ini hanya sekedar pelengkap saja, karena score IE8 bisa dibilang sangat rendah. Sekaligus untuk memberitahu betapa buruknya browser yang satu ini). Saya mengujinya di Windows 7 Ultimate, dengan Prosesor Intel Pentium E5300. Untuk OS dan Jenis Prosesor yang lain, mungkin hasilnya akan berbeda.
Baiklah, langsung saja ke hasil akhirnya...




Bisa dilihat, score yang tertinggi di peroleh Oleh Opera 10.50, berbeda sedikit dengan Google Chrome dan 2 kali lipat lebih tinggi di banding Opera 10.10 . Jelas terdapat peningkatan kinerja yang sangat besar di Opera ini, dan di pengujian ini Google Chrome yang dianggap browser terbaik pun mampu dikalahkan.
Tapi tunggu dulu, apa benar Google Chrome dikalahkan? Perhatikan Screenshot ini :


Dari pengujian yang dilakukan pengguna lain peacekeeper, tercatat Google Chrome tetap yang tertinggi. Jadi mana yang benar?
Seperti yang saya bilang tadi, hardware dan os yang bebeda dapat membuat hasil uji yang berbeda. Jadi di hardware ini, bisa saja Opera 10.50 yang terbaik, tapi bisa berbeda di hardware lainnya. Terlepas dari benar tidaknya klaim Opera, Opera terbaru ini sudah menunjukan peningkatan kinerja yang sangat jauh dibanding Opera sebelumnya, Bahkan mampu menyaingi Firefox, Safari dan IE sekaligus
Fitur-fitur opera juga banyak yang berguna bagi pengguna biasa, seperti Opera Turbo, Opera Unite, Feed Reader, Opera Link. Dan rata-rata fitur tersebut tidak ada di browser lain, kecuali Opera lInk, yang memiliki fungsi yang sama dengan Google Bookmark Sync.
Bila ingin mendownload browser ini atau ingin mengetahui fitur baru lainnya, kunjungi
 

UPdate:
Sekarang Opera sudah meluncurkan versi final opera 10.50, tidak jauh berbeda sih, namun dengan perbaikan-perbaikan bugs yang muncul di versi betanya. Silahkan bila mau mendownloa, bisa langsung ke :
(AHP 12 February 2010 16:17)

No comments:

Post a Comment