Monday, February 1, 2010

Mendapatkan Notifikasi Di Google Wave


Anda pengguna Google Wave? Jika iya dan aktif tentunya, pasti nya sering mendapatkan pesan-pesan baru atau wave baru. Yang kadang jadi masalah adalah, untuk mengetahui apakah ada pesan atau wave baru, halaman Google wave harus di buka terlebih dahulu. Itu jika ada, kalau tidak ada? Bandwitdh pun sia-sia terkuras. Terlebih lagi halaman Google Wave itu termasuk halaman berat untuk di Load.
Untuk sekedar melihat apakah ada pesan atau wave baru, tidak harus membuka keseluruhan halaman google wave, kita bisa menggunakan cara-cara berikut untuk sekedar mendapatkan notifikasi pemberitahuan, membuak kita tidak usah memantau terus-menerus halaman Google Wave :

Menggunakan Add-On Firefox
Bagi pengguna firefox, ada add on bernama Googe Wave Add-on. Google Wave Add-on akan menambahkan icon Wave di kanan bawah yang menampilkan berapa banyak Wave yang belum di baca atau keberadaan update terbaru di Google Wave.
Pengaturannya mudah, kita hanya perlu memasukan informasi akun Google wave untuk dapat menggunakannya. Apabila ada pemberitahuan baru, tinggal klik saja icon Add-on itu untuk membuka halaman Wave.
Add-on yang satu ini masih eksperimental, untuk memasangnya ke firefox kita harus mencentang pilihan "let me install this experimental add-on".
Google Wave Notifier
Selain dengan Add-on, kita juga bisa menggunakan aplikasi desktop. Sehingga tidak perlu membuka browser firefox untuk melihat notifikasi. Google Wave Notifier dapat di download di

Seperti Google Wave add on, dengan Google Wave Notifier, kita juga bisa membuka langsung jendela Google Wave di browser hanya dengan klik di notifikasi pemberitahuan.


Googsystray
Mirip Seperti Google Wave Notifier, namun aplikasi ini lebih powerful. Googsystray tidak hanya dapat menerima notifikasi di Google Wave, tapi juga aplikasi google lainnya, seperti Gmail, Reader, Calendar dan Google Voice. Selain itu, Googsystray dapat menangani lebih dari 1 akun Gmail, dan dapat di manage dengan mudah. Aplikasi ini akan memainkan suara notifikasi apabila ada pemberitahuan baru.
Googsys tray dapat di download di







Dengan Menggunakan Bot
Dengan menggunakan bot yang beralamat di wave-xmpp@appspot.com. Kita bisa menerima notifikasi pemberitahuan perubahan di Wave secara spesifik. Tinggal tambahkan alamat tersebut ke wave yang kita inginkan, selanjutnya tambahkan juga alamat itu ke Google Talk, Pidgin atau Instant messenger lain. Dengan begitu, setiap ada perubahan di wave itu, kita akan di beritahu melalu instant massanger tersebut. 
Apabila ingin menghentikannya, tinggal klik tombol unsubscribe di wave, atau tombol subscribe yang terletak di blipnya bot untuk berlangganan kembali. Dengan Bot ini, kita bisa mengatur pemberitahuan pada wave yang spesifik. Tidak seperti 3 aplikasi sebelumnya yang memberkan pemberitahuan secara global. (AHP , 2 februari 2010 7:35)

No comments:

Post a Comment